Buku ini memuat materi pelajaran sejarah yang membanu peserta didik menumbuhkan pemahaman dan kesadaran mengenai keindonesiaan. Pemahaman dan kesadaran tersebut wajib diketahui oleh segenap bangsa Indonesia. Hal ini sesuai dengan tujuan Capaian Pembelajaran Sejarah Kurikulum Merdeka. Di dalam buku ini, tersaji model pembelajaran sederhana berbasis kegiatan untuk mengasah pemahaman konsep sejarah dan keterampilan proses sejarah peserta didik.
Judul Asli : IPS Sejarah
Penulis : Ratna Hapsari dan M. Adil
Kode Buku : 004-907-014-0
ISBN : 978-623-266-611-5
Jumlah Hlm : 283 hlm
Tahun Tebit : 2022
Kertas : HVS
Ukuran : 17,5 cm x 25 cm
Warna : 2/2
Harga : Rp95.000
Keunggulan Buku
1. Tujuan Pembelajaran
Berisi kemampuan yang akan dikuasai peserta didik setelah mempelajari materi.
2. Profil Pelajar Pancasila dan Kata Kunci
Berisi aspek Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan dalam bab dan kata-kata yang menjadi pembahasan umum dalam materi.
3. Kegiatan
Berupa kegiatan perseorangan ataupun kelompok untuk mengasah kompetensi sejarah peserta didik.
4. Historia
Berisi informasi pengayaan penting dan terpilih yang perlu diketahui agar peserta didik dapat memahami materi secara lebih bermakna
5. Rangkuman
Berupa kumpulan garis besar materi untuk mempermudah pemahaman peserta didik
6. Latihan Soal Akhir Bab
Berupa soal pilihan ganda dan esai sebagai evaluasi yang sudah dilengkapi dengam soal berstandar higher order thinking skills (HOTS).
7. Soal Model AKM
Berupa soal-soal dengan karakteristik Asesmen Kompetensi Minimum, khususnya bagian literasi membaca, untuk mengenalkan konsep soal model AKM kepada peserta didik
8. Refleksi
Berupa isian singkat sebagai bahan introspeksi peserta didik terkait pemahaman terhadap bab yang telah dipelajari.
9. Praproyek
Berupa tugas perencanaan kerja sistematis sebagai instrumen yang terintegrasi dengan penerapan Profil Pelajar Pancasila.
Daftar Isi
Bab 1 Pengantar Ilmu Sejarah
Bab 2 Asal-Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia dan Jalur Rempah pada Masa Praaksara