“Kalau sebuah bahasa dengan kesusasteraannya tidak didukung oleh tradisi membaca masyarakatnya,
maka kematiannya akan segera menyusul.”
–Ajip Rosidi –
Mempelajari bahasa Indonesia tentunya tidak jauh dari kata literasi. Apa itu literasi? Literasi merupakan kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup. Saat ini, data UNESCO menyebutkan bahwa Indonesia menempati urutan kedua dari bawah soal literasi dunia yang berarti minat baca sangat rendah. Maka dari itu, buku Kombi ini hadir untuk meningkatkan literasi siswa dengan kegiatan-kegiatan kreatif di dalamnya.
Judul Asli : Kompeten Berbahasa Indonesia
Penulis : Tim Edukatif
Kode Buku : 004-490-060-0
ISBN : 978-623-266-593-4
Jumlah Hlm : 339 hlm
Kertas : HVS
Tahun Terbit : 2022
Ukuran : 17,5 cm x 25 cm
Warna : 2/2
Harga : Rp111.000
Keunggulan Buku
Buku ini dirancang untuk memfasilitasi peserta didik agar memiliki kompetensi literasi sesuai dengan Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Kurikulum ini memosisikan bahasa Indonesia sebagai instrumen dasar pembelajaran literasi dan kompetensi berbahasa. Adapun fitur-fitur unggulan dalam buku ini ialah sebagai berikut.
1. Introduksi
Berupa gambar dan pengantar yang menstimulus pengetahuan dasar peserta didik dan mempersiapkannya untuk bab yang akan dipelajari.
2. Tujuan Pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila
Berisi kemampuan yang akan dikuasai peserta didik setelah mempelajari materi dan dimensi Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan dalam bab.
3. Elemen Berbahasa
Buku ini disusun berdasarkan empat elemen, yaitu elemen menyimak, elemen membaca, elemen berbicara, dan elemen menulis.
4. Kegiatan Individu
Berupa kegiatan perseorangan untuk mengasah kompetensi berbahasa secara mandiri.
5. Kegiatan Kelompok
Berupa aktivitas untuk mengasah kemampuan berkomunikasi dan berkolaborasi melalui tugas-tugas berkelompok.
6. Teroka
Berupa kolom kebahasaan berisi ensiklopedia mini tentang kesalahan berbahasa yang populer.
7. Rangkuman
Berupa kumpulan garis besar materi untuk membentuk memori jangka panjang peserta didik dan dilengkapi audio pembelajaran yang dapat diakses melalui QR Code.
8. Latihan Soal Akhir Bab
Berupa soal pilihan ganda dan esai sebagai evaluasi yang sudah dilengkapi dengan soal berstandar higher order thinking skills (HOTS)
9. Soal Model AKM
Berupa soal-soal Asesmen Kompetensi Minimum, khususnya bagian literasi membaca, untuk mengenalkan konsep AKM kepada peserta didik.
10. Praproyek
Berupa tugas perencanaan kerja sederhana yang mengolaborasikan beberapa mata pelajaran untuk membentuk Profil Pelajar Pancasila.
11. Refleksi
Berupa pertanyaan singkat sebagai bahan introspeksi peserta didik terhadap pemahamannya terhadap bab yang telah dipelajari. Bagian ini juga dilengkapi Remedial dan Pengayaan yang dapat diakses melalui QR Code.
Daftar Isi
Bab 1 Mengelola Ekosistem secara Bijak melalui Teks Laporan Hasil Observasi
Bab 2 Kritik Sosial melalui Teks Anekdot
Bab 3 Menjaga Permukiman yang Berkualitas melalui Teks Eksposisi
Bab 4 Mendulang Nilai Kehidupan dalam Hikayat
Bab 5 Menggugah Kepedulian Sosial melalui Teks Cerpen
Bab 6 Bernegosiasi untuk Sebuah Solusi Damai
Bab 7 Menggali Inspirasi dari Teks Biografi
Bab 8 Berbagi Pengalaman Berharga melalui Teks Rekon
Bab 9 Menggali Nilai Didaktis dalam Puisi
Bab 10 Ayo, Berdiskusi tentang Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat
DAPATKAN SEGERA!
Buku Kompeten Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X